WHO Menggelar Pekan Peduli Antibiotik Sedunia

By | November 21, 2015

WHO (Badan Kesehatan Dunia) untuk pertama kalinya memfositifkan pekan peduli antibiotik Sedunia pada 16-22 November 2015. Melalui kampanye Antibiotics: Handle With Care, WHO mengajak masyarakat supaya memanfaatkan antibiotik dengan tepat dan baik.

WHO Menggelar Pekan Peduli Antibiotik Sedunia

Penanggung jawab resistensi antimikroba WHO Indonesia, Dr Dewi Indriani menuturkan pekan kepedulian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahaya kekebalan antibiotik dan menggalakkan praktek yang baik pada masyarakat, petugas kesehatan dan pembuat kebijakan.

“Kondisi resistensi antibiotik di dunia saat ini dalam level yang sangat berbahaya, dan mengancam seluruh negara di dunia,” ungkapnya ketika ditemui media di Bilangan Kuningan  Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Sekretaris Komite Pengendalian Resistensi  Antimikroba (KPRA), dr Anis Karuniawati,  PhD, SpMK(K) mengatakan, cara utama untuk menekan percepatan kekebalan bakteri ini ialah dengan pemanfaatan antibiotik yang bertanggung jawab, yakni hanya untuk penyakit  yang memerlukan antibiotik sesuai resep dan dosis serta waktu yang tepat.

“Memanfaatkan antibiotik berarti memperpanjang masa ampuh obat. Karena apabila antibiotik tidak lagi efektif, jadi sulit sembuh dan menyebabkan kematian,” tuturnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan resistensi antibiotik ialah salah-satu masalah kesehatan global di dunia modern dan menjadi salah-satu tantangan terbesar dunia kesehatan.

Asumsi kematian akibat kuman resistensi antibiotik di Indonesia menurut riset tersebut yaitu kurang lebih dari 130 ribu per tahun.

Posted by: ace maxs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *